Belajar membuat blog tidaklah sulit, asalkan mau dan terus berusaha, banyak situs-situs yang memberikan tips-tips yang berguna. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari membuat blog.

Belajar menulis – membuat blog berarti harus banyak menulis dan mencari bahan untuk tulisan, sebelum membuat blog menulis adalah hal yang paling membosankan bagi saya. Tetapi setelah membuat blog menulis hampir menjadi kebutuhan, karena saya ingin blog ini terus berkembang untuk itu berarti harus belajar mencari bahan tulisan dan menuliskannya.

Belajar cara menyampaikan pesan – salah satu tujuan dari membuat blog adalah untuk menyampaikan suatu pesan. Seringkali pesan yang ingin disampaikan tidak mengena pada sasaran, mengapa ? dikarenakan kurangnya kemampuan untuk menyampaikan pesan. Dengan membuat blog kita bisa belajar cara untuk menyampaikan pesan, dengan harapan apa yang ingin disampaikan dapat mengena pada sasaran.

Belajar berkomunikasi – blog adalah sarana yang efektif untuk belajar berkomunikasi dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Dengan membuat blog kita bisa menilai sampai dimana kemampuan diri untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Belajar kreatifmembuat blog membutuhkan inisatif, membuat blog saat ini mudah dan instan. Tetapi untuk membuatnya tetap berjalan dan tetap bertahan membutuhkan motivasi dan kreativitas. Dengan membuat blog kita belajar untuk memotivasi diri mencari hal-hal yang baru.

Belajar Disiplin – blog membutuhkan perhatian dan perawatan secara teratur, sebuah blog setidaknya mempunyai satu artikel yang baru setiap harinya. Dengan begitu blog tersebut akan selalu terlihat fresh, dengan begitu kita belajar untuk mendisiplinkan diri menyisihkan perhatian dan pikiran kepada blog yang dibuat.

Belajar memanfaatkan waktu – membuat blog, menulis artikel, mengunjungi blog lain untuk menjalin hubungan, dan menjawab setiap respond yang diberikan oleh pembaca blog membutuhkan waktu. Dengan membuat blog kita bisa belajar cara memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar tidak terbuang percuma.

Belajar menerima kritik – membuat blog berarti membuka kesempatan bagi orang lain untuk menemukannya, orang akan menilai dan kemungkinan menulis tentang blog kita. Hal ini tak mengapa bila mereka menilai hal-hal yang baik, tapi sungguh tak menyenangkan bila sebaliknya. Dengan begitu kita bisa belajar cara menanggapinya, apakah kritik yang disampaikan membuat diri menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Belajar menjadi pusat perhatian – membuat blog bisa mengajarkan bagaimana bila menjadi pusat perhatian. Banyak orang berbuat lebih baik ketika tidak ada yang mempehatikan, tetapi begitu menjadi pusat perhatian dan tidak memiliki kemampuan untuk mengatasinya membuatnya tidak bisa sebaik ketika tidak menjadi pusat perhatian.

Belajar hal-hal baru – dunia komputer adalah dunia yang berputar sangat cepat. Tertinggal sedikit saja, bisa berarti tertinggal jauh, membuat blog membutuhkan kemampuan yang sedikit lebih dari kemampuan dasar dalam hal komputer. Semakin banyak kemampuan tentu akan semakin baik.

Belajar menyenangkan orang lain – Tujuan membuat blog salah satunya mungkin adalah untuk menarik perhatian orang lain. Berarti harus belajar cara menyenangkan orang lain, belajar mengetahui kesulitan orang lain dan mencari solusinya.

Belajar rendah hati – blog yang isinya hanya ingin menonjolkan diri pembuatnya biasanya tidak sukai, tak mengapa sedikit mempromosikan diri tapi handaknya pada proporsi yang benar yaitu untuk meyakinkan pembaca bahwa kita memang menguasai hal yang dibicarakan. Untuk itulah dibutuhkan kerendahan hati, dengan membuat blog berarti harus mau belajar rendah hati, meyakinkan tanpa merendahkan atau meremehkan orang lain.

Belajar berbagi – seseorang mungkin lebih tahu dalam hal tertentu, tetapi tidak dalam hal lain. Blog adalah sarana untuk belajar berbagi, bila kita ingin orang lain membagi apa yang mereka ketahui, begitu pula sebaliknya.

Belajar menyukai membaca – sebelum membuat blog membaca mungkin hanya pada saat sangat dibutuhkan. Agar blog selalu terlihat fresh dibutuhkan informasi-informasi yang terbaru, membuat kita harus rajin-rajin mencari informasi, dan untuk itu pula harus rajin membaca.

Belajar menjadi teratur – sebuah blog yang teratur dan terstruktur tentu sangat menyenangkan bagi pembacanya. Membuat blog membuat kita harus belajar mengatur blog agar terlihat baik.

Belajar menyukai orang lain – beberapa jenis blog mungkin ditujukan hanya untuk menyampaikan sesuatu, biasanya blog seperti ini tidak mempunyai ikatan dengan pembacanya. Bila blog kita ingin mempunyai pembaca yang setia yang selalu mengunjungi setiap ada kesempatan, berarti harus berhubungan dengan orang lain. Kita tidak bisa berhubungan dengan baik bila tidak menyukainya, untuk itulah blog bisa jadi sarana untuk belajar menyukai orang lain.

Belajar konsisten – blog yang selalu berubah topik dan tema tentu akan membingungkan, pembacanya mungkin bertanya-tanya apa yang sedang dipikirkan oleh sang pembuat blog. Konsisten dalam tema dan topik sangat diperlukan dalam membuat blog, ini berarti anda harus belajar untuk fokus dan selalu konsisten dengan tujuan awal membuat blog.

Belajar jujur dan terbuka – bila dikehidupan nyata kita mungkin bisa menyembunyikan rahasia dan tidak ingin diketahui orang lain, tapi tidak dalam dunia blog. Banyak orang akan menggali dan mencari informasi tentang kita walaupun tidak kita inginkan.

Belajar bekerja keras – ini bergantung dari tujuan membuat blog. Semakin tinggi tujuan yang hendak di capai, berarti harus siap untuk kerja keras. Blog bisa jadi sarana untuk memupuk semangat kerja, tentukan tujuan dan kerjakan dengan kesungguhan.

Belajar meraih suksess – setiap blogger pasti ingin membuat blognya suksess, ini tergantung dari masing-masing orang dalam mengukur dan mengartikan arti kesuksessan. Jika ingin suksess maka harus banyak belajar dari orang yang lebih dulu melakukannya, apa dan bagaimana hingga mereka menjadi suksess.

Ini beberapa diantara sekian banyak manfaat membuat blog, mungkin kamu bisa menambahkannya.